DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Ketika Khalifah Umar bin Abdul Aziz Hapus Keistimewaan Kalangan Bekas Penguasa



Pada masa kekuasaan Bani Umayyah, para penguasa serta keluarga dari kalangan Bani Umayyah mempunyai hak-hak istimewa. Seperti kekayaan negara (baitulmal ) dan fasilitas lainnya. Namun semenjak Umar bin Abdul Aziz menjadi Khalifah semua keistimewaan itu di hapus.

Banyak kalangan Bani Umayyah yang merasa kecewa, beberapa kawan dekat Umar berkata, “Wahai Amirul Mukminin, apakah Anda tidak merasa takut terhadap tindakan yang akan mereka lakukan?”

Dengan pertanyaan itu Umar bangkit dan suaranya terdengar bagai halilintar, “Apakah kalian menyuruhku untuk takut kepada selain kiamat? Semua bentuk ketakutan selain hari kiamat, sama sekali tidak ada artinya bagiku!”

Nabi bersabda, “Rasa takut pada manusia jangan sampai mencegah seseorang apabila mengetahui sesuatu yang hak untuk menegakkannya.” (HR Ahmad)

Terobosan berani yang dilakukan oleh Umar bin Abdul Aziz dilakukannya berdasarkan keyakinannya bahwa dirinya tidak boleh takluk pada keinginan manusia yang dianggapnya menyimpang dari ajaran Islam dan hanya mengharapkan ridha dan pertolongan dari Allah.

Dalam hal ini Allah berfirman, “Sesungguhnya mereka itu tidak lain adalah setan dengan kawan-kawannya yang menakut-nakuti kamu, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka tetapi takutlah kepada-Ku jika kamu benar-benar beriman.” (Ali Imran: 175)

Sumber: Oase Kehidupan, Merujuk Kisah-kisah Hikmah Sebagai Teladan/Penerbit: Marja/Penulis:Abu Dzikra – Sodik Hasanuddin,2013
Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->