DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

6 Faktor Penyebab Printer Mudah Rusak, Begini Cara Mengatasinya

 Assalamualaikum sobat Muslim Kreatif, bagaimana kabarnya? semoga selalau dalam keadaan sehat ya sobat Muslim Kreatif.

Anda seorang Mahasiswa? atau seorang Guru? atau mungkin seorang yang pekerja kantoran?

Pasti tidak asing dengan alat yang digunakan untuk mencetak dokumen atau foto yang satu ini. Yups mesin printer. 

Pada zaman sekarang ini kita tidak asing lagi mendengar kata printer, karena printer mudah kita temui dimana-mana, entah itu di percetakan atau foto copy, sekolah, kantor, mahasiswa, bahkan tak heran lagi sekarang banyak printer dimiliki perseorangan.

Untuk harganya pun beragam, ada yang ratusan ribu bahkan samapai jutaan rupiah, tergantung dengan merek dan kualitas dari printer itu sendiri.

Tau gak sih sobat Muslim Kreatif ternyata mesin printer bisa cepat rusak apabila kita tidak bisa merawatnya, dan banyak sekali yang tidak menyadarinya.

6 Faktor Penyebab Printer Mudah Rusak, Begini Cara Mengatasinya

1. Mencetak Dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Printer akan menimbulkan panas apabila bekerja secara nonstop atau terus menerus. Jika kamu mencetak terlalu banyak tanpa jeda, hal demikian akan dapat menurunkan daya tahan printer itu sendiri.

Cara yang terbaik untuk mencetak dalam jumlah banyak yaitu dengan cara membagi menjadi beberapa bagian. Kemudian didiamkan atau diistirahatkan untuk beberapa saat.

2. Terlalu Lama Dibiarkan

Tinta yang ada di dalam print head (catridge) akan mengeras dan menyebabkan tinta tidak lancar saat di hidupkan kembali. Akibatnya, komponen bekerja ekstra yang juga ternyata dapat menyebabkan kerusakan.

Hidupkan printer misalkan 1 minggu sekali dan untuk mencetak beberapa lembar

3. Tinta Run Out atau Sering Kehabisan Tinta

Jika tinta habis, print head (catridge) akan mengalami panas yang tinggi, akibatnya arus pada print head (catridge) akan mengalami korsleting.

Pantau secara berkala kondisi tinta agar tetap ada. Dan selalu melakukan pengisian ulang.

4. Kualitas Tinta yang Tidak Baik

Catridge (catridge) sangat sensitif karena bekerja dengan aliran listrik dc untuk menyemburkan tinta sesuai perintah driver. Kualitas tinta sangat berpengaruh pada perangkat catridge ini.

Semakin tinggi kualitas tinta yang kamu gunakan maka dapat menjaga catridge menjadi awet dan lebih tahan lama.

5. Pengisian Tinta yang Kurang Tepat

Jangan sesekali mengisi tinta terlalu penuh yang akan menyebabkan banjir atau luber kemana-mana. Tidak boleh mengisi terlalu sedikit karena periode buka pasang catridge menjadi sering kamu lakukan. Harus pas, ikuti sesuai petunjuk yang ada.

6. Gak pernah dibersihkan dan pakai kertas yang terlalu tebal

Pasti sering paper jam! Hal ini biasanya disebabkan karena adanya sampah atau kotoran yang membuat roll penarik kertas macet. Atau karena ukuran kertas yang terlalu tebal.

Untuk itu, selalu jaga kebersihan printer dengan cara melakukan cek secara berkala dan menjaga atau menjauhkan sampah dari sekitar printer.

Ok sobat Muslim Kreatif, itu tadi adalah penyabab printer gampang rusak yang sering tidak kita sadari, oleh sebab itu mari kita berupaya untuk menjaga dan selalu merawat printer kita agar tidak mudah rusak.


Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->