DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

4 Muslim di Dunia MMA Ini Siap Jadi Penerus Khabib Nurmagomedov

 



NAMA Khabib Nurmagomedov dikenal sebagai sosok muslim paling dikenal di dunia seni bela diri campuran (MMA) belakangan ini. Prestasinya gemilang, Dia tercatata sebagai petarung tak terkalahkan di Ultimate Figthing Championship (UFC). Bertanding 29 kali dengan jumlah kemenagan yang sama.

Mengejutkan, Khabib yang tengah melambung justru memutuskan pensiun di usia muda, 32 tahun. Dia memutuskan berhenti usai pertarungan UFC 254. Saat itu dirinya mengalahkan Justin Gaethje di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kematian sang ayah sekaligus pelatih pribadinya, Abdulmanap Nurmagomedov, menjadi sebab pengunduran diri Khabib dari UFC.

“Hari ini saya mengatakan, ini pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya bisa datang ke pertarungan tanpa ayah saya,” ujar Khabib usai pertarungan, “Setelah ayah saya meninggal, ibu saya bilang untuk tidak bertarung lagi. Saya berjanji kepadanya, bahwa ini akan menjadi pertandingan terakhir. Ketika saya sudah berjanji, saya harus menepatinya.”

Rekor Khabib di UFC memang fantastis, tapi yang tak kalah fantastis adalah kepribadiannya sebagai muslim yang taat. Khabib dikagumi karena kuat memegang prinsip dan taat dalam menjalankan agama Islam yang dianutnya.
 
Lantas, masih adakah kini petarung seperti Khabib di UFC?

Dunia gulat Amerika Serikat, mencatat banyak nama, termasuk muslim di dalamnya. Pelatih Khabib Nurmagomedov, Javier Mendez memperkirakan akan ada tiga pegulat Muslim yang siap menjadi penerus anak asuhnya di masa depan.

Siapa saja mereka?

Berikut profil singkat beberapa muslim petarung yang siap meneruskan jejak Khabib di UFC

1. Islam Makhachev


Islam Makhachev merupakan atlet UFC kelas ringan. Islam memiliki karier yang cukup menawan di UFC. Dia meraih 18 kemenangan dan baru satu kali kalah.

Dari 18 kemenangan di UFC itu, Islam Makhachev meraihnya lewat tiga KO, tujuh kuncian dan delapan keputusan. Saat ini Islam Makhachev berusia 29 tahun.

Islam Makhachev meraih enam kemenangan beruntun. Dia seharusnya juga berlaga di UFC 254, namun terpaksa ditunda karena sang lawan Rafael dos Anjos positif Covid-19. 


2. Umar Nurmagomedov


 Umar Nurmagomedov merupakan petarung yang baru bergabung dengan UFC belum lama ini. Dia berlaga di kelas bulu.

Umar tak lain adalah sepupu dari Khabib Nurmagomedov. Usianya masih sangat muda, 24 tahun.

“Umar, sepupunya, pria lain yang tak terkalahkan. Harapannya Usman menjadi Luke Rockhold-nya Dagestan karena pria itu memiliki semuanya,” kata Javier Mendez,pelatih Khabib, seperti dikutip dari Insider.


3. Usman Nurmagomedov


Satu lagi sepupu Khabib yang siap menghebohkan jagat gulat adalah Usman Nurmagomedov. Saat ini Usmanb mengambil jalan yang sedikit berbeda dengan bergabung bersama ajang Bellator MMA.

Usman sangat berjaya di Bellator MMA. Dia meraih 11 kemenangan (tujuh KO, tiga kuncian dan satu keputusan).

Bukan tidak mungkin Usman akan menyeberang dan ikut bergabung bersama UFC di masa depan. 


4. Muhammad Mokaev


Sama seperti Khabib, Mokaev juga berasal dari Dagestan. Dia datang ke Inggris sebagai pengungsi Dagestan bersama ayahnya.

Lahir di Dagestan pada tahun 2000, Mokaev sudah mengenal pertarungan sejak kecil.

CNN melaporkan, Mokaev yang kini berusia 20 tahun, memiliki rekor amatir 22-0 dan sekarang memimpin rekor profesional 4-0 sejauh ini. []


SUMBER: CNN | INSIDER 

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->