DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Pentingnya Negosiasi Dalam Kehidupan

 


Di zaman yang sudah maju dengan teknologi ini takluput dengan Negosiasi yang semakin berkembang, seperti halnya negosisi yang sering dilakukan diduni bisnis, dalam dunia bisnis negosiasi bisa dilakukan secara langsung ( bertemu ) ataupun secara tidak langsung ( menggunakan media online seperti mengirim surat menggunakan gmail yang dikirimkan kepada perusaahan dengan kesepakatan bersama) Dalam kehidupan Negosiasi faktor terpenting dalam mengkomunikasikan keinginan kita terhadap pihak lain. Negosiasi digunakan untuk menyatukan dua kepentingan yang berbeda, Contohnya negosiasi antar perusahaan A dengan perusahan B yang saling membutuhkan . Oleh karena itu, agar terjadi suatu kesepakatan di antara kedua belah pihak, diperlukan negosiasi.

Dalam proses negosiasi, selalu ada dua belah pihak yang berlawanan atau berbeda sudut pandangnya. Agar dapat menemukan titik temu atau kesepakatan, kedua belah pihak perlu bernegosiasi. Maka kepiawaian dalam bernegosiasi mutlak dibutuhkan.

Dalam hal ini kita bisa tau apa pengertian dari Negosiasi, Negosiasi ialah suatu proses komunikasi antara dua pihak, yang masing-masing mempunyai tujuan dan sudut pandang mereka sendiri, yang berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak mengenai masalah yang sama.

Beberapa ciri- ciri negosiasi yang baik sebagai berikut :

1. Mampu menghasilkan kesepakatan menguntungkan kedua belah pihak.

2. Mempunyai tujuan yang praktis.

3. Memprioritaskan minat antara kedua belah pihak.

4. Langkah penting untuk menemukan solusi yang tepat.

Dalam hal ini negosiasi mempunyai tujuan yaitu dalam hal menyelesaikan masalah , menemukan solusi yang saling menguntungkan  dimana antara kedua belah pihak mendapatkan manfaat yang baik.

Adapun Manfaat dari Negosiasi sebagai berikut :

1. Terciptanya jalinan kerjasama satu pihak dengan pihak lainnya dalam mencapai tujuan masing-masing.

2. Tercipta interaksi yang positif antara pihak yang bernegosiasi sehingga jalinan kerjasama akan menghasilkan dampak yang lebih luas bagi banyak orang. 

3. Saling pengertian antara masing-masing pihak yang bernegosiasi mengenai kesepakatan yang akan diambil dan dampaknya bagi semua pihak.

4. Negosiasi bermanfaat bagi terciptanya kesepakatan bersama yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.

Tahapan penting dalam bernegosiasi, yaitu sebagai berikut :

1. Tahap Perencanaan

Tahap perencanaan negosiasi membutuhkan tiga tugas utama, yaitu merencanakan sasaran negosiasi dan memperjelas proses negosiasi. Sasaran negosiasi adalah hasil yang diharapkan dalam bernegosiasi. Hal ini merupakan salah satu alasan utama mengapa seseorang bernegosiasi. Penentuan sasaran sangatlah penting sebagai arahan atau petunjuk dalam bernegosiasi.

2. Tahap Implementasi

       Tahap implementasi merupakan tahapan peranan atau tindakan yang diperlukan agar mencapai sukses dalam bernegosiasi. Implementasi negosiasi memiliki beberapa komponen penting, antara lain :

3. Taktik Cara Anda

Adalah bahwa anda tahu tujuan yang ingin dicapai, anda bersikeras dan memaksa pihak lawan agar percaya bahwalah anda yang benar dan anda terus menekan.

A. Taktik bekerja sama

B. Taktik ini menegaskan bahwa anda mau mendengarkan pihak lawan dan mengetahui apa yang ada di benak mereka, Andalah yang memutuskan untuk bersikap reaktif (bukan proaktif) siap bekerjasama.

C. Taktik tidak bertindak apa-apa

D. Taktik ini merupakan sikap keras kepala dalam bernegosiasi.

E. Taktik melangkah ke tujuan lain

F. Taktik ini menuntut Andalah yang harus aktif menggeser suatu persoalan ke persoalan lain.

4. Tahap Peninjauan Negosiasi

Tahap ini merupakan tahapan setelah berlangsungnya suatu proses negosiasi. Ada beberapa alasan penting mengapa tahap peninjauan negosiasi perlu dilakukan, antara lain: Untuk memeriksa apakah Anda sudah mencapai tujuan andaJika tidak, maka hal itu dapat menjadi pelajaran sekaligus pengalaman yang sangat berharga bagi seorang negosiator

Jika ya, maka pastikan apa yang sudah Anda lakukan dengan baik dan bangunlah kesuksesan anda


Oleh :  Yani  (Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari'ah STEI SEBI)

_______________

ARTIKEL ini adalah kiriman pembaca Muslim Kreatif. Kirim ARTIKEL Anda lewat email ke: muslimkreatif123@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word. Sertakan biodata singkat. Isi dari ARTIKEL di luar tanggung jawab redaksi Muslim Kreatif.

Kirim tulisan Anda yang sekiranya sesuai dengan Muslim Kreatif lewat email ke: muslimkreatif123@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word, ukuran font 12 Times New Roman. Untuk semua tulisan berbentuk opini. Isi di luar tanggung jawab redaksi.
Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->