DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Peran Wanita Muslimah Dalam Pendidikan

 


Muslimah merupakan sebuah tonggak  peradaban Islam dan juga negara. Kemajuan Islam dan negara tergantung peran muslimah itu sendiri. Jika para muslimah melakukan peran-peran kebaikan, maka akan berpengaruh baik juga terhadap Islam dan negara. Begitupun sebaliknya, jika muslimah tidak mempunyai peran apapun, bahkan malah merusak martabat sebagai seorang muslimah, hal tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan berdampak buruk terhadap Islam dan juga negara.
Banyak sekali peran para muslimah yang menjadi tonggak peradaban Islam maupun negara, salahsatunya yaitu peran muslimah dalam hal pendidikan. Karena, negara akan maju jika bangkitnya sebuah pendidikan. Dan dalam Islam pendidikan itu sama seperti ilmu, dan hukum menuntut ilmu wajib. Karena ilmu bisa menjadi penerang dalam mengarungi sebuah kehidupan. Seiring berkembangnya zaman, seringkali tantangan dan rintangan kehidupan berubah-ubah, maka dengan adanya ilmu maupun pendidikan bisa menjadi penentu dan penjernih dari ketidakstabilan dunia.
Begitu banyak manfaat dan dampak positif dari pendidikan, sehingga muslimah harus mempunyai peran lebih dalam hal tersebut. Walaupun kebanyakan masyarakat seringkali bilang, "wanita itu jangan sekolah tinggi-tinggi, pasti ujung-ujungnya ke dapur". Mungkin hal tersebut emang benar, bahwa hakikat wanita adalah menjadi ibu rumah tangga. Namun bukan berarti hal tersebut, membuat wanita tidak berhak untuk menggapai cita-citanya lebih tinggi. Karena wanita pun sama halnya seperti laki-laki, mempunyai hak untuk mengembangkan bakatnya dan meninggikan pendidikannya. Walaupun pada akhirnya, ketika pendidikan telah usai, kamu tidak menjadi seorang wanita karir, atau nggak kerja di sebuah perusahaan terkenal, dan hanya menjadi seorang ibu rumah tangga. Kamu jangan berkecil hati, justru ibu rumah tangga adalah status yang sangat mulia. Karena madrasah pertama bagi anak itu adalah ibu. Jadi, jika seorang ibu cerdas dan berpendidikan maka akan melahirkan generasi yang cerdas dan berkualitas.
Para muslimah yang sangat Allah muliakan, lakukanlah peran-peran sebagai seorang muslimah yang bermanfaat dan berdampak positif bagi kemajuan agama, bangsa dan negara. Dan salahsatunya dengan mempunyai peran dalam pendidikan. Dan jika kamu sudah dalam tahap ini, maka kamu harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Hindari rasa malas dalam belajar dan bersungguh-sungguhlah dalam meraihnya. Dengan begitu, in sya Allah ilmu kita bermanfaat dunia akhirat.
Ketahuliah, semakin tinggi pendidikan seorang muslimah, maka akan semakin tinggi pula martabatnya. Semakin berilmu seorang muslimah, maka ilmu tersebut akan menghiasi akhlaknya dan menjadi  cahaya penerang dalam setiap perbuatannya. Maka, peran muslimah dalam pendidikan merupakan hal yang penting, karena tanpa hal tersebut negara akan kehilangan generasi penerus bangsa dan Islam akan kehilangan para mujahid dan mujahidah untuk menjadi estapet perjuangan dalam mensyiarkan Islam.


Oleh : Nurhasanah  (Mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah STEI SEBI Depok)

__________________

ARTIKEL ini adalah kiriman pembaca Muslim Kreatif. Kirim ARTIKEL Anda lewat email ke: muslimkreatif123@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word. Sertakan biodata singkat. Isi dari ARTIKEL di luar tanggung jawab redaksi Muslim Kreatif.

Kirim tulisan Anda yang sekiranya sesuai dengan Muslim Kreatif lewat email ke: muslimkreatif123@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word, ukuran font 12 Times New Roman. Untuk semua tulisan berbentuk opini. Isi di luar tanggung jawab redaksi.
Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->