DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

5 Rekomendasi Buku Pernikahan yang Wajib Kamu Miliki - Best Seller



Assalamualaikum sobat Muslim Kreatif, bagaimana kabarnya ? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya sobat.

Pernikahan merupakan hal yang banyak diimpikan oleh manusia. Di dalam ajaran Islam sendiri, menikah adalah ibadah yang sangat dianjurkan, karena di dalamnya banyak sekali manfaat dan terdapat keutamaan-keutamaan yang tidak bisa dikerjakan bagi yang belum menikah. 

Dengan menikah, seseorang akan membina bahtera rumah tangga, memiliki keturunan, dan menghindari perbuatan zina.

Pernikahan merupakan sunnah Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam yang mana bagi siapa yang sudah mampu untuk menikah maka menikahlah dan bagi yang belum mampu maka berpuasalah, sebagaimana sabda Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasalam dalam haditsnya yang berbunyi,

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

Artinya:

“Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum itu dapat membentengi dirinya.” (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan lainnya).

Nah, sobat Muslim Kreatif menikah bukanlah ibadah yang sebentar akan tetapi, menikah adalah ibadah terpanjang yang dikerjakan oleh seorang yang sudah menikah. Oleh sebab itu dianjurkan untuk perbanyak membaca buku-buku tentang pernikahan, karena di dalamnya terdapat ilmu tentang pernikahan yang belum banyak kita ketahui.


5 Rekomendasi Buku Pernikahan Best Seller

Nah pada kali ini Muslim Kreatif ingin berbagi informasi tentang 5 rekomendasi buku pernikahan. Berikut adalah buku-buku yang Muslim Kreatif rekomendasikan,

1. Buku Mahkota Pengantin ORI - Pustaka At-Tazkia New Cover


Pernikahan adalah pilar keutuhan masyarakat Muslim. Jika ikatan keluarga retak, remuk pulalah sendi-sendi sebuah peradaban. Karenanya, tak usah heran jika Islam menjaga sedini mungkin setiap unsur yang dapat merusak kebahagiaan rumah tangga. Salah satu caranya adalah agar setiap pemuda-pemudi Muslim yang hendak menikah memahami esensi dan hukum-hukum sekitar pernikahan agar setiap persoalan yang muncul dapat diatasi dengan solusi yang islami. 

Buku ini adalah sebuah pemahaman sekaligus pencerahan tentang bagaimana membangun keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, sejak mula niat pinangan dipancangkan. Tentang bagaimana menyesap setiap bulir kebahagiaan dan nikmat pernikahan sejak ijab kabul diresmikan. Rumah yang bahagia bukanlah rumah yang tanpa cekcok. Tapi adanya kekurangan pertanda ketidaksempurnaan dan dinamika, sehingga suami-istri pun berupaya saling menjaga dan saling mengisi. 

Kelebihan buku ini terletak pada kupasannya yang relatif lengkap. Bahasanya pun lebih cair, apa adanya dan dialogis. Seringkali paparan dimulai dengan tanya jawab lalu disusul dengan jawaban yang jelas, lugas dan berdalil. Kelebihan lain, buku ini bicara tanpa pakewuh berlebihan untuk hal-hal yang bagi sebagian orang sensitif. Ketika banyak buku lain yang "malu-malu" bicara tentang etika pergaulan seksual suami-istri, buku ini bicara tentang etika, adab dan seni tanpa terjebak pada vulgaritas yang mengoyak malu. 

Karena itu, buku ini sangat penting untuk menjadi pegangan bagi pemuda-pemudi Muslim yang hendak menikah maupun keluarga Muslim. Tak ada kata terlambat untuk berbenah diri. Karena bahagia harus dijemput, bukan menunggu untuk didatangi.



2. Buku Bekal Pengantin ORI - Hadiah Pernikahan Islam - Mahkota Pengantin - Aqwam



Sebuah Masterpiece buku pernikahan Islam. Mengupas A sampai Z tentang pernikahan & rumah Tangga. Di perkaya dengan kisah-kisah nyata, membuat buku ini pantas menjadi handbook pernikahan.

Buku yang patut menjadi bekal penting buat program “Jika Seorang hamba menikah maka ia telah menyempurnakan setengah dari agamanya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah untuk menyempurnakan setengah yang tersisa.” (HR. Baihaqi)

Jangan anggap enteng pernikahan! Karena ia begitu sakral. Bagaimana sesuatu yang semula dihukumi haram, “tiba-riba” menjadi halal.

Banyak hikmah dan kepentingan umat manusia yang terwadahi dalam sebuah pernikahan. Yang jelas, bukan sekedar sarana halal untuk mencukupi kebutuhan biologis anak Adam. Ada panduan dan tata-cara untuk melaksanakannya, sekaligus pertanggungjawaban dunia akhirat bila terjadi penyimpangan-penyimpangan di dalamnya.

Sayang, masih banyak yang memahami ibadah agung ini sebagai sebuah “kebutuhan duniawi” semata. Sekadar melepaskan diri dari jerat dosa dan maksiat saja, sehingga cukup hanya modal cinta terhadap calon pasangan dan bekal seadanya. Tak heran bila kemudian pernikahan hanya menghasilkan buah-buah duniawi saja, yang kering dari nilai spiritual layaknya sebuah peribadatan.

Buku ini merupakan ensiklopedi yang memuat semua aspek pernikahan: Motivasi, persiapan dan walimah pernikahan; kamar pengantin, seni bercumbu dan kebahagiaan rumah tangga; interaksi dan tanggung jawab suami istri; pendidikan anak, dan problematika rumah tangga. Diperkaya dengan kisah-kisah nyata, membuat gerbang sakinah, mawaddah wa rahmah begitu nyata terlihat. Bukan sekedar impian.


3. Buku Kado Pernikahan - Penerbit Qisthi Press


Pernikahan adalah ibadah yang sangat sakral. Namun, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui dan memahami seluk beluknya. Padahal, tanpa pemahaman yang benar, bahtera pernikahan akan berjalan tidak sesuai dengan apa yang diidamkan, bahkan bisa berakibat kepada kehancuran mahligai rumah tangga.

Buku ini mengulas secara terperinci segala hal yang harus dipahami dan diketahui, baik menjelang maupun sesudah pernikahan. Dimulai dari pembinaan akhlak generasi muda agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas pra nikah, memilih pasangan, pendidikan seks Islami, penyelesaian problematika dalam rumah tangga, hingga pendidikan anak. Seluruh persoalan itu dijelaskan secara detil namun ringkas dengan merujuk pada dalil-dalil al-Qur`an dan sunnah Nabi s.a.w.

Penulisnya yang merupakan murid langsung dari Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani—tidak hanya memaparkan dan mengupas dalil-dalil tentang pernikahan dan kehidupan berumah tangga, namun juga mengajukan fakta dan kasus yang sering terjadi dalam pembinaan keluarga dewasa ini. Sehingga, karya ini sangat layak dijadikan rujukan bagi setiap muslim dan muslimah yang hendak dan sedang mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga, demi terwujudnya keluarga yang mawaddah, sakinah, wa rahmah. Selamat membaca.


4. Agar Pernikahan Membawa Berkah - Penerbit Darul Haq


Pernikahan merupakan idaman setiap pemuda. Ia adalah titik awal membangun cinta dan kasih sayang dengan pasangannya, yang sarat dengan nilai ibadah. Maka sepatutnya seorang Muslim mengetahui adab-adab dalam Sunnah Nabi  yang berkaitan dengan malam pertama dan pernikahan secara umum.

Buku ini adalah intisari dari kitab Adab az-Zifaf fi as-Sunnah al-Muthahharah karya Syaikh al-Albani, yang berisi adab-adab Islami terkait pernikahan.

Di dalamnya diuraikan hal-hal yang harus dilakukan saat kedua mempelai dipertemukan, adab-adab malam pertama, doa dan tata cara berhubungan suami istri serta apa yang harus dilakukan setelahnya, kapan suami dilarang menggauli istrinya dan tebusan bagi yang melanggarnya, niat dalam menikah, hal-hal yang dilakukan saat pagi hari setelah malam pertama, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam walimah, doa untuk kedua mempelai, hukum pengantin wanita menyajikan hidangan untuk para tamu undangan, hiburan yang dibolehkan saat walimah, hukum pengantin wanita memakai cincin emas, dan lain-lain.

Sebagai penutup, penulis juga memberikan beberapa nasihat berharga bagi kedua mempelai sebagai bekal sebelum mengarungi bahtera rumah tangga.

Buku ini adalah panduan agar pernikahan membawa berkah.

Buku yang satu ini memang kecil akan tetapi banyak sekali ilmu-ilmu yang terdapat di dalamnya.


5. Psikologi Pernikahan - Menyelami Rahasia Pernikahan - Penerbit Gema Insani Pres

Buku ini wajib dimiliki oleh setiap orang Mulai dari ustadz, hingga tenaga kerja biasa selama ia berumah tangga. Buku ini menjadi pengulang kajian bagi yang sudah mengerti serta menjadi pelipur lara dan penawar luka bagi yang terjatuh. Semoga buku ini bisa menjadi amal jariyah.( H. Abdul Somad, Lc. M.A. - Datuk Seri Ulama Setia Negara )


Demikianlah 5 rekomendasi buku pernikahan yang wajib dimiliki bagi yang sudah menikah maupun yang hendak ingin menikah. Semoga bermanfaat.

Jazakumullah Khoiron

wassalamualikum warohmatullahi wabarokatuh




Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->