DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Pengertian Fi'il Madhi [ فِعْلُ الْمَاضِى ] Beserta Contoh, Perubahan dan Soal Latihan


Fi'il artinya adalah kata kerja, sedangkang madli artinya adalah lampau atau telah berlalu. Jadi yang dimaksud dengan fi'il madli adalah kata kerja yang telah menunjukkan waktu lampau atau telah selesai dikerjakan. Dalam bahasa Inggris, dikenal dengan istilah past tense.

Sebagaimana yang telah kita pelajari di bab pengertian fi'il beserta contohnya. Kaidah Fi'il Madhi itu sendiri adalah,

. الْفِعْلُ الْمَاضِي هُوَ كُلُّ فِعْلٍ يَدُلُّ عَلَى حُصُوْلِ عَمَلٍ فِي الزَّمَانِ الْمَاضِي

Fi’il Madhi adalah kata kerja yang menunjukkan suatu pekerjaan pada masa lampau atau sudah berlalu.

Ciri-ciri fi'il madli pada bentuk aslinya adalah berakhiran harokat fathah dan kebanyakan terdiri dari tiga huruf. Contoh :

Bentuk perubahan fi'il madhi ada 14 bentuk sesuai dengan jumlah isim dhomir dalam bahasa Arab. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan pelajari 14 macam perubahan. 14 perubahan tersebut adalah sebagai berikut :



=========================================================================

الْقِرَاءَةُ

!إِقْرَأْ الْآتِيْ 
Baca wacana berikut !

الْأُسْتَاذٌ مُجْتَهِدٌ

دَحْلَانُ أُسْتَاذٌ مُجْتَهِدٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ لِلْمُحَمَّدِيَةِ بِيُجْيَاكَرْتَا. حَضَرَ الْأًسْتَاذُ دَحْلَانُ  إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ. دَخَلَ الْأُسْتَىاذُ إِلَى الْإِدَارَةِ فَجَلَسَ عَلَى الْكُرْسِيُّ مُدَّةً , ثُمَّ قَرَأَ الْكِتَابَ. دَقَّ الْجَرَسُ وَدَخَلَ الْأُسْتَاذُ دَحْلَانُ إِلَى الْفَصْلِ ثُمَّ سَلَّمَ إِلَى تَلَامِيْذِهِ. وَأَجَبَ التَّلَامِيْذُ بِسَلَامٍ تَامٍّ. ثُمَّ عَلَّمَ الْأُسْتَاذُ بِكُـــلِّ جِدٍّ. وَإِذَا جَاءَتْ الرَّاحَةُ ذَهَبَ الْأُسْتَاذُ إِلَى الْمَكْتَبَةِ لِقِرَاءَةِ الْكِتَابِ. وَبَعْدَ الرَّاحَةِ عَلَّمَ الْأُسْتَاذُ فِي الْفَصْلِ إِلَى وَقْتِ الظُّهْرِ. ثُمَّ صَلَّى الظُّهْرَ مَعَ التَّلَامِيْذِ جَمَاعَةً. رَجَعَ الْأُسْتَاذُ دَحْلَانُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ نَهَارًا.


Tugas 1

  • Silahkan cari Fi'il Madhi yang berada di teks cerita di atas!
  • Dan silahkan cari arti dari Fi'il Madhi yang telah kalian temukan!

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->