DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Pengertian Hukum Bacaan Ikhfa’ Haqiqi ( الْإِخْفَاءُ حَقِيْقِى ) Beserta Contohnya Lengkap

 


Pengertian Hukum Bacaan Ikhfa’ ( الْإِخْفَاءُ حَقِيْقِى ) Beserta Contohnya Lengkap

A. Pengertian Ikhfa’ (الْإِخْفَاءُ  )

Di dalam kitab Ghayatul Mufid fi Ilmit Tajwid disebutkan bahwa Ikhfa secara bahasa adalah as-satru ( السَّتْرُ  , artinya samar atau tertutup. Sedangkan menurut istilah , ikhfa’ adalah :

النُّطْقُ بِالْحَرْفِ بِصِفَةِ بَيْنَ الْإِظْهَارِ وَ الْإِدْغَامِ عَارٍ عَنِ التَّشْدِيْدِ مَعَ بَقَاءِ الْغُنَّةِ فِى الْحَرْفِ الْمُخْفَى.

Mengucapkan huruf dengan sifat antara idzhar dan idghom, tanpa tasydid dan dengan menjaga ghunnah pada huruf yang di-ikhfa’-kan.

Di dalam kitab Al-Qaulus Sadid disebutkan bahwa pengertian ikhfa  adalah :

إِذَا دَخَلَتِ النُّوْنُ السَّاكِنَةُ أَوِ التَّنْوِيْنُ عَلَى أَحَدِ هَذِهِ الْأَحْرُفِ خَمْسَةَ عَشَرَ يُقَالُ لَهُ إِخْفَاءٌ حَقِيْقِيٌّ.

Ikhfa' Haqiqi adalah Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf-huruf ikhfa’ yang berjumlah lima belas, maka dinamakan ikhfa’ haqiqi.

B. Huruf-huruf Ikhfa’ (الْإِخْفَاءُ  )

Berikut adalah huruf-huruf ikhfa’ yang  15 (lima belas) :

ت -  ث -  ج -  د -  ذ -  ز -  س -  ش -  ص -  ض -  ط -  ظ -  ف -  ق -  ك

Cara membaca hukum ikhfa’ adalah memadukan antara suara nun sukun atau tanwin dengan suara huruf ikhfa’ yang ada di hadapannya.

Cara membaca ikhfa’ haqiqi yaitu dengan cara  mengeluarkan suara نْ atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ dari dalam rongga hidung sampai dengan terlihat samar atau bisa juga menjadi suara “NG” atau “N” , sesudah itu disambut dengan dengung sepanjang 1 – 1 1/2 Alif atau bisa kurang lebih  2 – 3 harakat, kemudian setelah itu barulah  masuk untuk membaca huruf sesudah nun mati ataupun tanwin tersebut.

C. Contoh Ikhfa’ (الْإِخْفَاءُ  )

فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ      وَ الْأٌنْثَى      يَوْمَئِذٍ ثَمَنِيَةٌ      قَوْلًا ثَقِيْلًا


Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->