DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Mubtada Khobar ( الْمُبْتَدَأُ وَ الْخَبَرُ ) : Pengertian, Pembahasan Dan Contohnya

 


Assalamualaikum sobat Muslim Kreatif, kaifa khalukum? semoga sobat selalau dalam lindungan Allah ya.

Pada kesempatan kali ini Muslim Kreatif ingin membahas tentang Mubtada dan Khobar. Mungkin dari sobat Muslim Kreatif sudah pernah mendengar atau malah justru sudah pernah belajar tentang Mubtada dan Khobar itu sendiri. Yuk mari kita simak dan belajar bersama.

1. Perhatikan Contoh Berikut !

ج ب أ الرقم
الْمُوَظَّفُوْنَ مَشْغُوْلُوْنَ الْمُوَظَّفَانِ مَشْغُوْلَانِ الْمُوَظَّفُ مَشْغُوْلٌ 1
الْخَادِمَاتُ مَشْغُوْلَاتٌ الْخَادِمَتَانِ مَشْغُوْلَتَانِ الْخَادِمَةُ مَشْغُوْلَةٌ 2
الرِّجَالُ نَاشِطُوْنَ الرَّجُلَانِ نَاشِطَانِ الرَّجُلُ نَاشِطٌ 3
الْكِتَابُ جَدِيْدٌ الْكِتَابَانِ جَدِيْدَانِ الْكِتَابُ جَدِيْدٌ 4

2. Pembahasan Pertama

1. Jika kita melihat kolom أ, ب, ج  maka kita akan mendapati bahwa semua Kalimat dalam ke-tiga kolom tersebut adalah Jumlah Ismiyah karena selalu diawali oleh Isim. Adapun Isim pertama dalam Jumlah Ismiyah dinamakan Mubtada dan Isim yang melengkapi arti dari Jumlah Ismiyah dinamakan Khobar, maka Mubtada dalam kalimat   الْكُرَّاسَةُ مَفْتُوْحَةٌ   adalah   الْكُرَّاسَةُ , sedangkan Khobarnya adalah مَفْتُوْحَةٌ . Dan dalam kaidah bahasa Arab Mubtada dan Khobar diharuskan marfu'.
*Marfu' adalah salah satu kedudukan akhir kata di antara 4 kedudukan Nahwu (untuk macam-macam tanda marfu' silahkan lihat kaidah).

2. Jika kita memperhatikan kolom أ maka kita mendapati bahwa seluruh kalimat Mubtada dan Khobar di dalam kolom tersebut terdiri dari Isim Mufrod (kata tunggal) dan tanda marfu' Isim Mufrod adalah Dhommah.

3. Dan jika kita melihat kolom ب maka kita akan mendapati seluruh kalimat Mubtada dan Khobar di dalam kolom tersebut terdiri dari Isim Mutsanna (kata Dual/ganda), adapun tanda Marfu'nya adalah huruf Alif.

3. Kaidah Mubtada Dan Khobar

الْمُبْتَدَأُ : إِسْمٌ يَقَعُ فِي أَوَّلِ الْجُمْلَةِ
وَالْخَبَرُ : إِسْمٌ يُكْمِلُ مَعْنَى الْجُمْلَةِ مَعَ الْمُبْتَدَأُ
وَيَرْفَعُ بِالضَّمَّةِ إِذَا كَــانَ الْمُبْتَدَأِ وَالْخَبَرِ مُفْرَدًا
وَيَرْفَعُ بِالْأَلِفِ إِذَا كَـــانَ الْمُبْتَدَأِ وَالْخَبَرِ مُثَنَّى


1. Mubtada adalah Isim yang berada di awal kalimat
2. Khobar adalah Isim yang melengkapi makna kalimat mubtada
*isim yang menerangkan mubtada tersebut sehingga maknanya menjadi sempurna.
3. Dan Berharokat akhir Marfu' apabila mubtada dan khobar adalah Isim Mufrod (kata tunggal).
4. Dan Berharokat akhir Marfu' apabila mubtada dan khobar adalah Isim Mutsanna (kata Dual/ganda)

4. Pembahasan Ke Dua 

1. Jika kita memperhatikan nomor 1 dalam kolom ج maka kita mendapati bahwa seluruh kalimat Mubtada dan Khobar di dalam kolom tersebut terdiri dari Isim Jama' (kata banyak) Mudzakkar Salim, adapun tanda Marfu' dari Isim Jama Mudzakkar Salim adalah huruf و .

2. Dan apabila kita melihat nomor 2 dalam kolom ج maka kita mendapati seluruh kalimat Mubtada dan Khobar di dalam kolom tersebut terdiri dari Isim Jama' (kata banyak) Muannats Salim Lil 'Aqil (untuk yang berakal), adapun tanda Marfu' dari Isim Jama' Muannats Salim adalah Dhommah.

3. Dan apabila kita melihat nomor 3 dalam kolom ج maka kita mendapati kalimat Mubtada terbentuk dari Jama' Taktsir Lil 'Aqil (untuk yang berakal), maka Khobar dari Mubtada tersebut terbentuk Jama', adapun tanda Marfu'-nya Jama' Taktsir adalah dengan Dhommah.

4. Dan apabila kita melihat nomor 4 dalam kolom ج maka kita mendapati kalimat Mubtada terbentuk dari Jama' Taktsir Lighoiri 'Aqil (untuk yang tidak berakal), maka Khobar dari Mubtada tersebut terbentuk Mufrod Muannats.
Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->