DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Pengertian Hukum Bacaan Idghom bila Ghunnah ( الْإِدْغَامُ بِلَا غُنَّةٍ ) Beserta Contohnya

 


Pengertian Hukum Bacaan Idghom bila Ghunnah ( الْإِدْغَامُ بِلَا غُنَّةٍ ) Beserta Contohnya

A. Pengertian Idgham bila Ghunnahالْإِدْغَامُ بِلَا غُنَّةٍ )

Secara bahasa bila ghunnah artinya tanpa memakai ghunnah (mendengung) .

Idgham bila ghunnah adalah :

إِذَا وَقَعَتِ النُّوْنُ السَّاكِنَةُ أَوِ التَّنْوِيْنُ عَلَى أَحَدِ هَذِهِ الْحَرْفَيْنِ اللَّامِ وَالرَّاءِ يُقَالُ لَهُ إِدْغَامٌ بِلَا غُنَّةٍ.

Apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf dari lam ( ل ) dan ra (ر  ), maka dinamakan idgham bila ghunnah.

B. Huruf  Idgham bila Ghunnah ( الْإِدْغَامُ بِلَا غُنَّةٍ  )

adapun huruf dari Idgham bila Ghunnah ( الْإِدْغَامُ بِلَا غُنَّةٍ  ) hanya terdapat dua huruf yaitu lam ( ل ) dan ra (ر  )

Cara membaca Idgham bila ghunnah adalah dengan memasukkan suara nun sukun atau tanwin sepenuhnya kepada huruf lam ( ل ) atau ra (ر  ), tanpa memakai dengung. Pada waktu meng-idgham-kan, suara harus di-tasydid-kan kepada huruf lam ( ل ) atau ra (ر  ) seraya menahannya sejenak.

Dengan melihat adanya perbedaan terhadap dengung di atas, maka dapatlah dikatakan bahwasanya Idgham Bilaghunnah merupakan kebalikan [lawan] dari Idgham Bighunnah, yang dibacanya dengan cara berdengung.

Tentang tanda baca Tasydid [masuk ke dalam huruf sesudahnya] dalam hal ini yang dimaksud dalam hukum tajwid Idgham Bilaghunnah yaitu TASYDID HUKUM dan bukanlah TASYDID ASLI .

C. Contoh Idgham bila Ghunnah ( الْإِدْغَامُ بِلَا غُنَّةٍ  )

مِنْ لَّدُنَّا -  أَكْلًا لَّمَّا -  أَنْرَّءَاهُ اسْتَغْنَى  غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

 

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->