DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Tips Langkah Mudah Menghafal Al Quran

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wa Barokatuh

Hai, sobat Muslim Kreatif , kaifa khalukum? Pasti kalian sudah sering mendengar kata-kata seperti itu kan,,, entah mungkin itu di sekolah atau mungkin di pondok pesantren, yang labih akrab dengan sapaan tesebut.

Salah satu langkah strategis untuk bisa meraih pahala besar dalam ruang dan waktu seluas mungkin adalah mengajarkan ilmu khususnya yang berkaitan dengan Al-Qur’an.

Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (H.R. Bukhori)

Nah..pada kali ini Muslim Kreatif akan berbagi trik dan tips agar mudah menghafal Al-Qur’an.


10 Langkah Agar Mudah Menghafal Al-Qur’an

1. Ikhlas

Ikhlas merupakan syarat diterimanya suatu amalan. Yang mana, jika seorang hamba tidak ikhlas atau tidak mengharapkan wajah Allah subhanahu wa ta’ala maka amalannya itu hanya sia-sia belaka.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ

"Padaha mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keikhlasan ketaataan kepadanya dalam menjalankan agama" (Al Bayyinah : 5)

2. Memilih Waktu yang Sesuai

Hal ini, semua orang memiliki waktu yang sesuai, secara pribadi masing-masing. Ada yang ditempat yang sepi, dikeramaian, mungkin di waktu sepertiga malam, setelah sholat subuh, setelah sholat asar dan lain sebagainya. Akan tetapi secara ideal menghafal Al-Qur’an itu pada waktu longgar.

3. Memilih Tempat yang Cocok

Memilih tempat yang cocok juga, semua orang memiliki tempat masing-masing. Akan lebih idealnya secara umum Pondok-pondok Tahfidz berada diperbukitan atau pegunungan, dan suasana yang sejuk.

4. Memperhatikan Keshahihan Bacaan Sebelum Menghafal

Sebelum mulai menghafal ayat yang akan dihafal, sebaiknya dibaca terlebih dahulu secara berulang  kali, samapai benar-benar lancar dalam membaca ayat tersebut. Dan ini juga berfungsi mengoreksi bacaan yang akan dihafal.

5. Menghafal Dengan Menggunakan Satu Mushaf

Dengan cara ini seseorang yang telah hafal Al-Qur’an kemudian lupa terhadap satu ayat, maka dia bisa membayangkan tempat ayatnya di dalam mushaf. Hal ini membantu mengingatnya.

6. Membagi Bagian-bagian yang Dihafal

Sesudah anda menentukan ayat yang akan dihafal, maka cara selanjutnya adalah membaginya menjadi tiga bagian, dan setiap bagian terdiri dari lima baris.

Pada lima baris yang pertama dihafal terlebih dahulu. Ayat demi ayat dihafal dan tidak beralih kebaris yang selanjutnya sampai benar-benar hafal tidak ada salah.

Sesudah menghafal ayat-ayat pada bagian tersebut, maka langkah selanjutnya adalah usaha menyambung  antara ayat-ayat yang sudah dihafal dengan membaca semuanya. Bila bagian pertama sudah selesai, maka bagian kedu dan ketiga dilakukan dengan cara yang sama kemudian menggabungkan ayat-ayat dalam satu halaman utuh.

7. Mendengar Dari Kaset Atau Mp3 Murotal Berulang- ulang

Dengan mendengarkan murotal baik dari kaset atau mp3 ingatan akan semakin kuat. Karna pendengaran dapat merekam secara baik .

8. Muroja’ah (Mengingat-ingat Kembali) Hafalan

Barangsiapa menghafal al-Qur’an namun tidak memuroja’ah berarti menghancurkan apa yang telah dia bangun. Karna menghafal al-Qur’an pada intinya adalah kita biasa istiqomah untuk memuroja’ah (mengulang hafalan)

Dan ada sebuah perkataan yang sangat bagus sekali, yng berbunyi : "Jika menjadi penghafal Al-Quran adalah cita-citamu, maka Murojaah adalah pekerjaanmu seumur hidup."

9. Memperbanyak Istighfar

Dengan beristighfar Allah membuka kebaikan bagi seorang hamba, membantu untuk menguatkannya, karena banyaknya dosa menghalangi hamba dari ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

10. Berdo’a

Jangan lupa untuk selalu berdo’a memohon kemudahan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam menghafal kitab-Nya. Karena Allah selalu mendengar seorang hamba yang selalu meminta kepadanya tanpa menyekutukan-Nya.

Demikianlah tips mudah dalam menghafal Al Quran. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orag yang menjaga kitab Allah, dan selalu dalam kabaikan. Semoga bermanfaat.


wassalamualaikum warohmatullahi wa barokatuh

______________

Dikutip dari buku : 20 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur'an

Penulis : Walid bin Mar'i asy-Syahri

Penerjemah : Izzudin karimi, Lc.

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->